Konsep Dasar Informasi dan Sistem Informasi

Friday, April 06, 2018


Di dalam kehidupan sehari-hari kita tidak asing lagi dengan istilah informasi. Tetapi, apakah arti dari informasi yang sebenarnya? Sebenarnya,  informasi adalah suatu berita yang didapatkan atau disampaikan berdasarkan apa yang sudah terjadi kepada orang lain agar orang lain mengetahuinya. Di dalam sistem informasi manajemen, konsep informasi di dalam kehidupan sehari hari agak sedikit berbeda karena didalam sistem informasi manajeman, informasi dituangkan ke dalam bentuk data. Jika dilihat dari sudut pandang sistem informasi, dapat diketahui bahwa informasi adalah suatu bentuk data yang telah diolah untuk selanjutnya dipergunakan sebagai pertimbangan untuk mengambil sebuah keputusan. Hal penting yang terdapat di dalam informasi adalah komunikasi. Informasi bertujuan untuk menambah wawasan untuk mengurangi kesalahan dalam pengambilan keputusan. Ada beberapa macam bentuk informasi yaitu informasi non formal dan informasi formal. Informasi formal adalah bentuk informasi yang biasanya digunakan dalam sistem informasi. Unsur-unsur yang harus terkandung dalam sebuah informasi adalah mudah dipahami, dapat dibuktikan, dapat diukur dan harus akurat. Dalam sistem informasi manajemen, sebuah informasi didapatkan dalam bentuk sebuah data. Dimana, data tersebut mengandung informasi yang diperlukan oleh seorang manajer untuk mengambil keputusan. Data dapat diperoleh baik secara langsung atau tidak langsung. Data yang diperoleh didapatkan dari berbagai sumber informasi yang dikumpulkan lalu menjadi bahan pertimbangan untuk mengambil sebuah keputusan. Semua data yang diperoleh biasanya di simpan dalam bentuk database. 

Sistem informasi adalah sistem yang digunakan suatu organisasi untuk melakukan pengolahan kegiatan atau strategi tertentu dengan informasi yang diperoleh. Didalam sebuah organisasi tentu saja memiliki unsur perencanaan, pengelolaan, pengendalian, dan penilaian. Sama halnya dengan sistem informasi, perlu adanya sebuah perencanaan. Fungsi dari perencanaan terhadap suatu sistem informasi adalah agar sistem yang diterapkan berjalan dengan baik dan menjadi sebuah sistem yang efektif dan efisien sesuai dengan tujuan suatu organisasi itu dibentuk. Selanjutnya fungsi dari pengolahan adalah untuk menentukan bagaimana cara untuk menjalankan sebuah organisasi. Apabisa suatu sistem dalam organisasi tidak berjalan menurut perencanaan awal yang sudah dibuat maka, perlu adanya pengelolaan terhadap suatu sistem informasi tersebut. Selanjutnya setelah semua berjalan, perlu adanya sebuah pengendalian. Pengendalian ini salah satu unsur yang tidak dapat dipisahkan dari proses pengelolaan sistem. Pengendalian merupakan cara agar semua perencanaan yang sudah dibuat dan semua kegiatan yang sudah berjalan tidak lepas kendali dan membuat keyakinan bahwa pelaksanaan pengelolaan sistem organisasi berjalan dengan baik dan lancar. Terdapat pula sebuah penilaian terhadap sistem informasi yang berfungsi untuk mengevaluasi sistem informasi apakah sudah efektif dan efisien yang dilihat dari data yang objektif. Fungsi yang paling utama dari sebuah penilaian adalah untuk menjadi pertimbangan untuk mengambil keputusan agar lebih maju kedepannya. 

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe